Perlu diperhatikan cara-cara yang baik dalam menjual dan
berbicara yang efektif dengan calon pembeli tanpa harus menyinggung perasaan
calon pembeli. Seorang penjual yang baik adalah memberikan solusi bagi setiap
masalah dan kebutuhan pelanggan, bukan hanya sekedar menjual produk atau jasa.
Ada beberapa prioritas yang dapat
dicapai oleh seorang sales dalam melakukan pekerjaan, prioritas ini lebih
banyak berhubungan kepada pribadi seorang sales. Beberapa yang harus dicapai
dalam menjual (Sitompul, 2004:3-5).
- Mencari orang-orang yang dapat dihubungi
- Menggali kontak data base calon pelanggan sebanyak mungkin
- Melakukan hubungan komunikasi sebanyak mungkin dengan data base pelanggan yang telah diperoleh
- Melakukuan follow up dan meninjau kebutuhan calon pelanggan
- Melakukan layanan maksimal kepada setiap pelanggan dan menjaga hubungan baik
- Memberikan layanan yang baik kepada pelanggan dan calon pelanggan walaupun belum membeli produk saat itu.
- Keuntungan melakukan telesales adalah :
- Peluang mendapatkan calon pembeli “hot prospek” yang akan membeli produk yang lebih banyak, dengan melakukan kontak langsung terhadap pelanggan via telepon, selain itu akan memudahkan penyaringan “pelanggan yang berminat” dari data base calon pelanggan.
- Penghematan waktu dan penghematan biaya, sebab dengan mendatangi langsung calon pembeli tanpa melakukan konfirmasi akan membuat beberapa kemungkinan seperti calon pelanggan anda sedang tidak ditempat atau calon pelanggan anda tidak bergerak untuk membeli produk yang anda tawarkan. Bukankah untuk menuju ketempat calon pelanggan anda membutuhkan waktu dan juga biaya perjalanan?
- Diperolehnya informasi langsung dari pelanggan (masukan) dari segi harga produk, modifikasi produk terhadap keutuhan pelanggan, informasi mengenai competitor yang pernah menawarkan produk sejenis.
RUJUKAN
- Arikunto, Suharsimi, Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Rineka Cipta, Jakarta, 2006.
- Alma, Buchari, Manajemen Pemasaran dan Pemasaran Jasa, Alfabeta, Bandung, 2002.
- Bank Indonesia, Laporan Perekonomian Indonesia, Bank Indonesia, Jakarta, 2006.
- Basu Swastha dan Irawan, Manajemen Pemasaran Modern, Liberty, Yogyakarta, 2001.
- Koeswara, Sony, Pemasaran Industri, Djambatan, Jakarta, 2000.
- Lubis, Arlina, Peranan Saluran Distribusi Dalam Pemasaran Produk Dan Jasa, FE-USU, Sumatera Utara, 2004.
- Marwan, Anggaran Perusahaan, BPFI, Yogyakarta, 2000.
- Nasution, Manajemen Transportasi, Galhalia Indonesia, Jakarta, 2004.
- Riduwan, Sunarto, Pengantar Statistik untuk Penelitian Pendidikan, Sosial, Ekonomi Komunikasi, dan Bisnis, Alfabeta, Bandung, 2009.
- Salim, Abbas, Manajemen Transpotasi, Garsindo Persada, Jakarta, 2001.
- Soemarso, Akuntansi Sebagai Pengantar, Salemba Empat, Jakarta, 2004.
- Soetisna, Manajemen Sumber Daya Manusia, Gramedia Pustaka, Bandung, 2000.
- Winardi, Motivasi dan Pemotivasian dalam Manajemen,Raja Grafindo Persada, Jakarta, 2002.