Ads 468x60px

.

Thursday 1 April 2010

RETURN SAHAM

Secara sederhana, investor melakukan investasi karena ingin mendapatkan return atas uang mereka. Return saham merupakan income yang diperoleh pemegang saham sebagai hasil dari investasinya di perusahaan tersebut (Jones, 2002). Di sisi ini jelas bahwa return merupakan hal yang penting di dalam menentukan keputusan investasi. Return yang diterima (return realisasi) adalah return yang terjadi dan dianalisa melalui analisa return historis yang terjadi pada periode sebelumnya, dengan dasar tersebut, maka dapat ditentukan tingkat ecpected return (tingkat kembalian yang diinginkan).
Membedakan expected return dan realized return dalam investasi merupakan hal yang penting. Return saham dibedakan menjadi 2 jenis oleh Jogiyanto (1998), yaitu return realisasi (realized return) dan Return ekspektasi (expected return). Return realisasi merupakan return yang telah terjadi dan dihitung berdasarkan data historis. Return realisasi penting karena digunakan sebagai salah satu pengukur kinerja dari perusahaan.
Return historis ini juga berguna sebagai dasar penentuan return ekspektasi (expected return) dan risiko di masa mendatang. Sedangkan return ekspektasi (expected return) adalah return yang diharapkan akan diperoleh investor di masa mendatang dan sifatnya belum terjadi.
Perhitungan tingkat keuntungan atau return yang diharapkan dari suatu portofolio relatif mudah karena merupakan rata-rata tertimbang dari tingkat keuntungan yang diharapkan atas masing-masing saham yang membentuk portofolio. Investor yang menginvestasikan dana yang dimiliki ke dalam portofolio pada periode tertentu akan menerima pembayaran dalam bentuk yield, serta melalui perubahan harga saham di bursa yang dapat berupa capital gain atau capital loss (Van Horne, 1997).

RUJUKAN

  1. Ang, Robert, 1997, Buku Pintar Pasar Modal Indonesia (The Intelegent Guide to Indonesian Capital Market), Mediasoft Indonesia.
  2. Antariksa Budileksmana, Barbara Gunawan, 2003, “Pengaruh Indikator Rasio Keuangan Perusahaan, Price Earning Ratio (PER), dan Price to Book Value (PBV) terhadap Return Portofolio Saham di Bursa Efek Jakarta, Jurnal Akuntansi dan Investasi, Vol. 4, No.2.
  3. Bacharuddin, 2002, “EVA dan MVA sebagai Pengukur Kinerja Perusahaan”, Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol.5, No.1, hal. 13-20.
  4. Ghozali, Imam dan Irwansyah, 2002, “Analisis Pengaruh Kinerja Keuangan Perusahaan dengan Alat Ukur EVA, MVA dan ROA terhadap Return Saham pada Perusahaan Manufaktur di BEJ”, Jurnal Penelitian Akuntansi-Bisnis dan Manajemen, Vol.9, No. 1, April.
  5. Halim, Abdul, 2005, Analisis Investasi, Edisi Kedua, Salemba Empat, Jakarta.
  6. Horne, James C.V and Wachoviz Jr, John M, 1998, Fundamental of Financial Management, 8th ed, New Jersey, Prentice Hall International.
  7. Husnan, Suad, 1997, Manajemen Keuangan Teori dan Penerapan (Keputusan Jangka Pendek), Buku 2, Edisi Keempat, BPFE, Yogyakarta.
  8. Jogiyanto, 2003, Teori Portofolio dan Analisis Investasi, Edisi 3, BPFE, Yogyakarta.
  9. Jogiyanto Hartono dan Chendrawati, 1999, “ROA dan EVA: A Comaprative Empirical Study”, Gajah Mada International Journal of Bussines 1 (May): 45-54.
  10. Linawati, Lisa, 1999, “Economic Value Added sebagai ukuran Keberhasilan Kinerja Manajemen Perusahaan”, Jurnal Akuntansi dan Keuangan, Vol. 1, No. 1, Mei 1999.
  11. Makelainen, Esa, 1999, “Introduction of Economic Value Added” http://www.economics.com.
  12. Mamduh M. Hanafi, Abdul Halim, 2007, Analisis Laporan Keuangan, Edisi Ketiga, UPP STIM YKPN, Yogyakarta.
  13. Natarsyah, Syahib, 2000, “Analisis Pengaruh Beberapa Faktor Fundamental dan Risiko Sistematik Terhadap Harga Saham” : Kasus Industri barang konsumsi yang go publik di pasar Modal Indonesia, Jurnal Ekonomi Bisnis Indonesia, Vol. 15, no.3, 294-312.
  14. Noer Sasongko dan Nila Wulandari, 2006, Pengaruh EVA dan Rasio-rasio Profitabilitas Terhadap Harga Saham, Empirika, Vol.19, N.1, Juni.
  15. Pancawati Hardiningsih, L. Suryanto dan Anis Chariri, 2001, “Pengaruh Faktor-faktor Fundamental dan Resiko Ekonomi Terhadap Return Saham Pada Perusahaan di Bursa Efek Jakarta”, Jurnal Strategi Bisnis, Vol. 8, Desember.
  16. Poeradisastra, Teguh, 2003, Menelanjangi Patamorgana Laba Perusahaan, SWA 21/XIX/16 Oktober.
  17. Pradhono, Yulius Jogi, 2005, “Pengaruh Economic Value Added, Residual Income, Earnings dan Arus Kas Operasi terhadap Return yang Diterima oleh Pemegang Saham”, Jurnal Fakultas Ekonomi, Universitas Kristen Petra.
  18. Rina, Trisnawati, 1999, “Pengaruh Informasi Prospektus dan Return Saham di Pasar Modal”, Simposium Nasional Akuntansi II dan Rapat Anggota II IAI, Kompartemen Akuntan Pendidik, 24-25 September, hal.1-13.
  19. Rousana, M, 1997, EVA dan Penciptaan Nilai Perusahaan di Pasar Modal Indonesia”, Manajemen dan Usahawan Indonesia, No.09, Th. XXVI, April. Ruky, Saiful M, 1997, “EVA dan Penciptaan Nilai Perusahaan di Pasar Modal Indonesia”, Manajemen dan Usahawan Indonesia, No. 09, Th. XXVI, April.
  20. Suharly, Michell, 2006, “Studi Empiris terhadap Dua Faktor yang Mempengaruhi Return Saham pada Industri Food & Beverages di Bursa Efek Jakarta”, http://www.petra.ac.id
  21. Widayanto, Gatot, 1993, “EVA/NITAMI Suatu Terobosan Baru dalam Pengukuran Kinerja Perusahaan”, Manajemen Usahawan Indonesia, No. 4, Th. XXVI.
  22. Wild, J. John, K.R. Subramanyam, Robert F. Halsey, 2005, Financial Statement Analysis, Analisis Laporan Keuangan, Edisi 8, Buku Dua, Salemba Empat, Jakarta.
Comments
3 Comments

3 komentar:

  1. Bingung Cari Situs Judi Online Terpercaya ?

    Situs Betting Terpercaya Dan Terbesar di ASIA
    PANDORAQQ
    Menawarkan | Fasilitas | Keunggulan
    Deposit & Withdraw Minimal Rp. 20.000,
    Deposit & Withdrawal Super Cepat

    BONUS ROLINGAN 0.5 % Tiap senin

    BONUS REFERAL 20 % Seumur Hidup

    Customer Service Sopan & Ramah Siap Membantu

    Live Chat Responsif 24 jam

    Real Fair Play 100%

    Server Tercepat di Asia Tanpa Lelet

    Jangan berpikir dua kali
    Daftar sekarang juga dan nikmati fasilitas nya

    DAFTAR SEKARANG : PANDORAQQ
    Link Alternatif : www•pandoraqq•net
    WA : +855966735893
    Line : pandoraqq
    Fanpage : Pandoraqq

    ReplyDelete

ARTIKEL TERKAIT