Kinerja
pemasaran merupakan ukuran prestasi yang diperoleh dari aktifitas proses
pemasaran secara menyeluruh dari sebuah perusahaan atau organisasi. Selain itu,
kinerja pemasaran juga dapat dipandang sebagai sebuah konsep yang digunakan
untuk mengukur sampai sejauh mana prestasi pasar yang telah dicapai oleh suatu
produk yang dihasilkan perusahaan. Ferdinand (2000, p.23) menyatakan bahwa
kinerja pemasaran merupakan faktor yang seringkali digunakan untuk mengukur dampak
dari strategi yang diterapkan perusahaan. Strategi perusahaan selalu diarahkan
untuk menghasilkan kinerja pemasaran (seperti volume penjualan dan tingkat
pertumbuhan penjualan ) yang baik dan juga kinerja keuangan yang baik.
Selanjutnya Ferdinand juga menyatakan bahwa kinerja pemasaran yang baik
dinyatakan dalam tiga besaran utama nilai, yaitu nilai penjualan, pertumbuhan
penjualan, dan porsi pasar.
Wahyono
(2002, p.28) menjelaskan bahwa pertumbuhan penjualan akan bergantung pada
berapa jumlah pelanggan yang telah diketahui tingkat konsumsi rata-ratanya yang
bersifat tetap. Nilai penjualan menunjukkan berapa rupiah atau berapa unit
produk yang berhasil dijual oleh perusahaan kepada konsumen atau pelanggan.
Semakin tinggi nilai penjualan mengindikasikan semakin banyak produk yang
berhasil dijual oleh perusahaan. Sedangkan porsi pasar menunjukkan seberapa
besar kontribusi produk yang ditangani dapat menguasai pasar untuk produk
sejenis dibandingkan para kompetitor.
Hasil
penelitian yang dilakukan oleh Li (2000, p. 313) berhasil menemukan adanya
pengaruh positif antara keunggulan bersaing dengan kinerja yang diukur melalui
volume penjualan, tingkat keuntungan, pangsa pasar, dan return on investment.
Keunggulan bersaing dapat diperoleh dari kemampuan perusahaan untuk mengolah
dan memanfaatkan sumber daya dan modal yang dimilikinya.
Perusahaan
yang mampu mencipatakan keunggulan bersaing akan memiliki kekuatan untuk
bersaing dengan perusahaan lainnya karena produknya akan tetap diminati oleh
pelanggan. Dengan demikian keunggulan bersaing memiliki pengaruh positif
terhadap peningkatan kinerja pemasaran perusahaan.
Beberapa
indikator yang digunakan dalam menilai kinerja pemasaran adalah volume
penjualan, pertumbuhan pelanggan, dan kemampulabaan. Volume penjualan adalah
volume penjualan dari produk perusahaan. Pertumbuhan pelanggan adalah tingkat
pertumbuhan pelanggan perusahaan. Kemampulabaan adalah besarnya keuntungan yang
diperoleh oleh perusahaan.
RUJUKAN
- Akimova, Irina, 1999,“Development of Market Orientation and Competitiveness of Ukrainian Firm”, European Journal of Marketing, p.1128-1146.
- Amabile, Teresa, M dkk., “Assessing The Work Environment for Creativity”, Academy of Management Journal, p. 1154-1184.
- Baker, William E., dan James M. Sinkula, 1999. “The Synergistic Effect of Market Oriented and Learning Organization on Organization Performance”. Journal of The Academy Marketing Science. p. 411-427.
- Bharadwaj, Sundar G, P.R. Varadarajan, dan Jihn Fahy, 1993, Sustainable Competitive Advantage in Service Industries: A Conceptual Model and Research Propositions, Journal of Marketing, Vol.57, October, p. 83-99.
- Calantone, Roger J, Benedetto, C. Anthony dan Bhoovaraghavan, Sriraman, 1994. “Examining the Relationship between Degree of Innovation and New Product Success”, Journal of Business Research, p. 143 – 148.
- Cooper , Robert G., 2000. “ Product Innovation and Technology Strategy”, Journal Research Technology Management, p. 38 -41.
- Craven, David W, 1996. “Pemasaran Strategis”, Jilid 1, Suatu Terjemahan, Erlangga, Jakarta.
- Droge, Cornelia dan Shownee Vickery, 1994. “Source And Outcomes Of Competitive Advantage : An Explanatory Study In The Furniture Industry”. Decision Sciences, p. 669 – 689.
- Day, G. S., & Wensley, R. (1988). “ Assessing Advantage : A Framework for Diagnosing Competitive Superiority”, Journal of Marketing, p. 1-20.
- Despande, R., Farley, J. U., & Frederick E. Webster, J. (1993), “Corporate Culture , Customer Orientation , and Innovativeness in Japanese Firm”, Journal of Marketing, p. 23-27.
- Ferdinand, Augusty., 2000a. “Manajemen Pemasaran : Sebuah Pendekatan Strategy”. Research Paper Series. No. 01 Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro (Maret).
- Ferdinand, Augusty, 2000b. “Structural Equation Modeling Dalam Penelitian Manajemen”. Seri Pustaka Kunci No. 02 Semarang : Program Magister Manajemen Universitas Diponegoro (Agustus).
- Ferdinand, Augusty., 2003. “Sustainable Competitive Advantage : Sebuah Eksplorasi Model konseptual”. Fakultas Ekonomi Universitas Diponegoro. Semarang.
- Gatignon, Hubert dan Jean – marc Xuereb, 1997, “ Strategic Orientation of The Firm and New Product Performance”, Journal of Marketing Research. p.77 – 79.
- Hair , Joseph F. JR., Rolph E. Anderson, Ronald L. Tatham, William C. Black, 1995. “Multivariate Data Analysis With Readings”, 4th Edition, Prentice Hall, New Jersey.
- Han, Jin K, Narnwoon Kim,and Rajenbdra K Srivastava, 1998, “ Market Orientation an Organization Performance : Is Innovation Missing Link?” Journal of Marketing . p. 42 – 54.
- Hunt, J. B., and Wallace, J. 1997. “ A Competence – based approach to Assesing Managerial Performance in Australian Context”, Asian Pacific Journal of human Resources,p. 52 -66.
- Han., Jin K. Srivastara., 1998, “Consumer-led and Market Oriented Let’s Not Confuse The Two”, Strategy Management Journal. pp. 1001-1008.
- Jaworski,B.J., & Kohli, A. K. 1993. “Market Orientation : Antecedents and Consequences”, Journal of Marketing, p. 53-70
- Kohli ,A. K., & Jaworski, B. J., 1990. “Market Orientation: The Construct, Research Proposition, and Managerial Implication”, Journal of Marketing, pp. 1 – 18.
- Li, Tiger dan Calantone, Roger J, 1998. “The Impact of Market Knowledge Competence on New Product Advantage : Conceptualization and empirical Examination”, Journal of Marketing, p. 13 – 29.
- Li, Ling X, 2000, An Analysis of Sources of Competitiveness and Performance of Chinese Manufacturers, International Journal of Operation and Production Management, Vol.20, No.3.
- Lukas, Bryan A., and O.C. Ferrel., 2000. “The Effect of Market Orientation on Product Innovation”. Journal of The Academy Marketing Science. No. 2 Vol. 28 p. 239-247.
- Narver, J. C., & Slater , S. F. 1990. “The Effect of Market Orientation on Business Profitability”, Journal of Marketing. Pp.20 – 35.
- Narver, J. C., & Slater , S. F. 1995. “Market Orientation and The Learning Organization ”, Journal of Marketing. p.63 – 74.
- Pelhan, Alfred M., 1997. “Mediating Influencer on The Relationship, Between Market Orientation and Probability in Small Industry Firm”. Journal of Marketing Teory and Practice, Sumer, 55-76. Porter, Michael, E., 1990, “Competitif Strategy”, The Free Press, New York. P. 20.
- Robert, F. Hurley and G. Thomas, M. Hult., 1998. “Innovation, Market Orientation, and Organization Learning : An Integration and Empirical Examination” Journal of Marketing. Vol. 62 July 1998. Pp. 42-54.
- Sandy d, Jap. 1999., “Pie-Expansion Efforts : Collaboration Processes in Buyer Supplier Relationship”. Journal of Marketing Research Vol. XXXVI November 1999, pp 461-475.
- Slater, S. F. and Narver, J. C., 1995, “Market Orientation and The Learning Organization”. Journal of Marketing. Vol. 59 p.63-74.
- Slater, S. F. and Narver, J. C., 1994. “Does Competitive Environtment Moderate the Market Orientation Performance Relationship?”, Jornal of Marketing, 58 (January), pp.46-55.
- Song X. Michael and Parry M.E., 1997., “The Determinants of Japanese New Product Successes”. Journal of Marketing Research, Vol. XXXIV February 1997. Pp. 64-76.
- Wahyono, 2002, Orientasi Pasar dan Inovasi: Pengaruhnya Terhadap Kinerja Pemasaran, Jurnal Sains Pemasaran Indonesia, Vol.1, No.1, Mei.
- William E, Baker, James M, Sinkula, 1999, “Learning Orientation, Market Orientation and Innovation : Integrating and Extending Models of Organization Performance”. Journal of Marketing Focused Management, 4, 295-308
- William E, Baker, James M, Singkula, 2002. Market Orientation, Learning Orientation and Product Innovation : Delving into The Organization’s Black Box. Journal of Marketing Focused Management, pp. 5-23.
Semoga untuk broker ACY ini dapat di pertahankan dan di kembangkan deh agar ane dimana dapat lebih lama lagi merasakan aman, nyaman trading forexnya bersama ACY ini, yang pasti untuk ane saat ini merasa puas dan bangga deh telah gabung nya bersama ACY ini
ReplyDelete