Menurut Cravens (2006: 2) pengertian
logika dari market-driven strategy adalah pasar dan konsumen yang
membentuk pasar haruslah menjadi titik awal bagi pembentukan strategi bisnis.
Kunci untuk menjadi market-oriented adalah memperoleh sebuah pengertian
tentang pasar dan bagaimana pasar tersebut akan berubah di masa depan.
Pengetahuan ini mendukung setiap perusahaan untuk menyusun market driven
strategy. Mengembangkan penglihatan mengenai pasar membutuhkan perolehan
informasi mengenai konsumen, pesaing, dan pasar.
Melihat informasi dari perpektif
bisnis secara total; menentukan fungsi bisnis bagaimana menciptakan nilai
konsumen yang lebih baik; dan mengambil tindakan untuk menyediakan value kepada
konsumen.
Organisasi yang berorientasi pada
pasar dapat membantu manajemen untuk mengenal konsumen dan memenuhi
kebutuhannya sesuai dengan kapabilitas perusahaan. Desain dan implementasi market-driven
strategy yang tepat menjadikan suatu perusahaan mempunyai competitive
advantage yang lebih baik dibandingkan dengan pesaingnya.
Menjadi market-oriented menuntut
perilaku etika bisnis dalam berhubungan dengan pelaku organisasi, konsumen, supplier,
dan para pemegang saham. Menjadi market-oriented juga membutuhkan
keterlibatan dan dukungan dari seluruh karyawan. Perusahaan harus memonitor
secepat mungkin mengenai perubahan keinginan dan kebutuhan konsumen,
meningkatkan tingkat inovasi produk, dan menerapkan strategi yang membangun competitive
advantage dari perusahaan.
Ada beberapa karakteristik dari market-oriented,
diantaranya adalah:
• Fokus kepada konsumen (Customer
Focus),
Konsep dari Customer Focus dimulai
dari mengetahui kebutuhan konsumen, menentukan kebutuhan mana yang harus
dipenuhi, dan melibatkan seluruh anggota organisasi dalam memenuhi kebutuhan
konsumen.
• Mata-mata pesaing (Competitor
Intelligence),
Perusahaan yang berorientasi pada
pasar harus mengetahui kondisi dan situasi perusahaan pesaingnya sama seperti
mengenal konsumen.
• Koordinasi lintas fungsi (Cross
–Functional Coordination)
Perusahaan yang market-oriented harus
bertindak secara efektif dalam menjalankan semua fungsi bisnis untuk dapat
saling bekerja bersama untuk menyediakan customer value yang lebih baik.
• Pengaruh kinerja (Performance
Implications)
Perusahaan yang berorientasi pada
pasar memulai harus menyusun strateginya dengan informasi akurat terhadap pasar
dan kompetisinya untuk menampilkan kinerja perusahaan yang baik.
RUJUKAN
Cravens, J. (2006).
“Involving International Online
Volunteers: Factors for Success, Organizational Benefits, and New Views of
Community”. In The
International Journal of Volunteer Administration,
Volume XXIV (Number 1), 15-23. Raleigh: North Carolina State
University. Retrieved August 03, 2006
Memang dengan fasilitas di berikan cukup oke juga, dengan adanya khursus online, tetapi setelah ane lihat nya ternyata broker ACY ini ada hal yang harus dapat di kembangkan kembali seperti dimana leverage nya yang kecil, dan juga dalam pelayanan berbahasa yang kurang, semoga deh cepat untuk di kembangkan agar ane dapat lebih tertarik lagi untuk gabung bersama ACY ini
ReplyDelete