Menurut Harris
(2000:1`9), kompetensi adalah:”….are
underlying bodies of knowledge, abilities, experiences, and other requirement
nescssary to succesfully perform the job”. Wirausaha yang sukses pada
umumnya ialah mereka yang memiliki kompetensi, yaitu seseorang yang memiliki
ilmu pengetahuan, keterampilan, dan kualitas individu yang meliputi sikap,
motivasi, nilai serta tingkah laku yang diperlukan untuk melaksanakan
pekerjaan/ kegiatan. Wirausaha tidak hanya memerlukan pengetahuan tapi juga
keterampilan. Keterampilan-keterampilan tersebut di antaranya keterampilan
manajerial (managerial skill),
keterampilan konseptual (conceptual skill)
dan keterampilan memahami, mengerti, berkomunikasi, dan berelasi (human skill) dan keterampilan merumuskan
masalah dan mengambil keputusan (decision
making skill), keterampilan mengatur dan menggunakan waktu (time management skill), dan keterampilan
teknik lainnya secara spesifik. Akan tetapi memiliki pengetahuan dan
keterampilan saja tidaklah cukup. Wirausaha harus memiliki sikap positif,
motivasi, dan selalu berkomitmen terhadap pekerjaan yang sedang dilakukannya.
Kompetensi
diartikan sebagai pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan individu (personality) yang langsung berpengaruh
pada kinerja. Kinerja bagi wirausaha merupakan tujuan yang selalu ingin
dicapainya. Dalam dunia bisnis, yang disebut kompetensi inti (care competency) adalah kreativitas dan
inovasi guna menciptakan nilai tambah untuk meraih keunggulan, yang tercipta
melalui pengembangan pengetahuan, keterampilan, dan kemampuan. Pengetahuan,
keterampilan, dan kemampuan merupakan kompetensi inti wirausaha untuk
menciptakan daya saing khusus agar memiliki posisi tawar-menawar yang kuat
dalam persaingan.
RUJUKAN
- A.B. Susanto. 2007. Corporate Social Responsibility. Jakarta : The Jakarta Consulting Group, hal. 54
- Braun, Karen. Social Entrepreneurship: Perspectives on an Academic Discipline. Theory in Action, Vol. 2, No. 2, April 2009. Hal. 34
- Gaspersz, Vincent. 1997. Manajemen Kualitas Penerapan Konsep-Konsep Kualitas Dalam Manajemen Bisnis Total. Jakarta: PT. Gramedia Pustaka Utama.
- Hendrik Budi Untung. 2008. Corporate Social Responsibility. Jakarta : Sinar Grafika. hlm. 23
- Jerry Z. Muller 2002. The Mind and The Market. Alfred A. Knopf: New York. Page. 78
- John Elkington & Pamela Hartigan, 2009. The Power of Unreasonable People: How Social Entrepreneurs Create Markets That Change the World. Chapter 1: Creating Successful Business Models. USA: Harvard business school press. page. 76
- Karen Braun, Social Entrepreneurship: Perspectives on an Academic Discipline. Theory in Action, Vol. 2, No. 2, April 2009. Hlm. 75.
- Matin, Roger L. & Sally Osberg. 2007. Social Entrepreneurship: The Case for Definition. Leland Stanford Jr. University
- Miller, D.and Friesen, P. H, 1983, Strategy-making and Environment: the third link, Strategi Management Journal, Vol.4.
- Peter Drucker, 1985. Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. New York: William Heinemann Ltd. hlm. 67
- Peter Drucker, 1985. Innovation and Entrepreneurship: Practice and Principles. New York: William Heinemann Ltd. hlm. 67
- Puspowarsito. AH, 2006, Hubungan Antara Keusahawanan Serikat dengan Prestasi Serikat : Campuran Pemasaran dan Perserikatan Bisnis Sebagai Moderator, Disertasi, Universitas Sains Malaysia (USM).
- Roger, Martin L., Sally, Osberg (2007) Social Entrepreneurship: The Case for Definition, Leland Stanford Jr. University: 35
- Roger.L . Martin & Sally Osberg. Social Entrepreneurship: The Case For Definition. 2007. Stanford Social Innovation Review. Jr,University.page 3-4
- Shane, S & Venkataraman, S, 2000, The Promise of Entrepreneurship as a Fild of Research, Academic Management Review, Vol.25.
- Stoner, A.F, James, et. Al, 2004, Manajemen, Edisi Bahasa Indonesia, Alih Bahasa: Alexander Sindoro, Jakarta: PT Buana Ilmu Populer.
- Vasudha Vasakaria. A Study on Social Entrepreneurship and the Characteristics of Social Entrepreneur, The Icfaian Journal of Management Research, Vol. VII, No. 4, 2008. Hlm. 35
- Wahyudi, Isa & Busyra Azheri. 2008. Corporate Social Responsibility: Prinsip, Pengaturan dan Implementasi. Malang : In-Trans Publishing.