Ads 468x60px

.

Monday 10 October 2011

PENGARUH CITRA MEREK (BRAND IMAGE) TERHADAP MINAT BELI



Menurut pendapat Assael (2004: 82) sikap terhadap merek atau citra merek (brand image) yaitu merupakan pernyataan mental yang menilai positif atau negatif, bagus tidak bagus, suka tidak suka suatu produk, sehingga menghasilkan minat dari konsumen untuk membeli atau mengkonsumsi barang atau jasa yang dihadirkan produsen.

Penelitian yang dilakukan oleh Wu dan Lo (2009) menunjukkan adanya pengaruh sikap terhadap merek terhadap minat beli. Berdasarkan penelitian yang dilakukan oleh Peyrot dan Van Doren (1994), disimpulkan bahwa terdapat hubungan yang positif antara sikap terhadap merek terhadap minat beli konsumen.
Hal ini juga diperkuat oleh penelitian Bentler dan Spencer dalam Sulistyo (1999) yaitu adanya perilaku masa lampau yang dapat mempengaruhi minat secara langsung. Sikap terhadap merek diawali oleh proses kognitif yang bekerja terhadap rangsangan. kemudian akan mempengaruhi minat beli konsumen terhadap produk yang ditawarkan.

RUJUKAN

  1. Assael, Henry. 2004. Consumer behaviour and Marketing Action. Thompson, NY. USA.
  2. Peyrot, Mark. and Doris Van Doren, 1994, Effect of Class Action Suit on Consumer Repurchase Intentions, The Journal of Consumer Affairs, Vol.28, No. 2.
  3. Sulistyo, Heru, 1999, Hubungan Antara Kualitas dan Kepuasan Pelanggan dalam Pembentukan Intensi Pembelian Konsumen: Studi pada Empat Industri Jasa di Semarang, Jurnal Bisnis Strategi, Vol. 4/Tahun II/Desember.
  4. Wu, Shwu-Ing., Chen-Lien Lo, 2009, The influence of corebrand attitude and consumer perception on purchase intention towards extended product, Asia Pacific Journal of Marketing and Logistics, Vol. 21, No. 1, pp. 174-194.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

ARTIKEL TERKAIT