Ads 468x60px

.

Thursday 18 March 2010

KOMITMEN ORGANISASI



Menurut Mowday, Portter dan Steers (1982) komitmen organisasi adalah kepercayaan yang kuat terhadap nilai dan tujuan organisasi, kesediaan untuk melakukan upaya ekstra demi untuk tetap menjadi anggota atau bagian dari organisasi. McNeese-Smith (1996) mendefinisikan komitmen sebagai ukuran kekuatan identifikasi karyawan untuk terlibat dalam tujuan dan nilai-nilai organisasi.

Komitmen menurut Mowdey et al (1979) adalah sebagai berikut :
a. Kepercayaan yang kuat terhadap organisasi dan terhadap nilai serta tujuan organisasi.
b. Keinginan untuk memberikan usaha terbaik terhadap organisasi.
c. Hasrat yang kuat untuk mempertahankan keanggotaan (pekerjaan) dalam organisasi.
Yousef (2000) mengemukakan bahwa pekerja dengan komitmen yang tinggi akan cenderung lebih sesuai dengan tujuan dan nilai-nilai organisasi, mau memberikan usaha lebih kepada organisasi dan berupaya memberikan manfaat kepada organisasi. Hal ini menunjukkan bahwa karyawan dengan komitmen tinggi akan bertanggung jawab dalam pekerjaannya.
Menurut Mobley (1977 dalam Judge dan Bono, 2000) keinginan untuk mengakhiri tugas atau meninggalkan organisasi berhubungan negatif dengan kepuasan kerja. Individu yang merasa terpuaskan dengan pekerjaan yang cenderung untuk bertahan dalam organisasi. Sedangkan individu yang merasa kurang terpuaskan dengan pekerjaannya akan memilih untuk keluar dari organisasi.
Setiap individu mencari organisasi yang dapat memenuhi kebutuhan dan keinginannya dan memungkinkan penggunaan atau pemanfaatan secara maksimal keterampilan dan kemampuannya. Komitmen terhadap organisasi terbangun bila masing-masing individu mengembangkan tiga sikap yang saling berhubungan terhadap organisasi (Morrow, Mc Elroy&Blum, 1988):
a.Pemahaman atau penghayatan dari tujuan perusahaan (identification).
b.Perasaan terlibat dalam suatu pekerjaan (involvement), pekerjaan adalah menyenangkan.
c. Perasaan loyal (loyality), perusahaan adalah tempat kerja dan tempat tinggal.

RUJUKAN
  1. Abdulkadir, 2005, ”Pengaruh Keadilan Organisasi dan Budaya Organisasi terhadap Kepuasan Gaji, Komitmen Organisasi dan Kinerja”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Surabaya.
  2. Allen, Natalie J and Meyer, John P, 1990, “The Measurement And Antecedents Of Affective, Continuance And Normative Commitment To Organization,”Journal of Occupational Psychology, 63, 1-18.
  3. Ali, Muhamad, 2005, “Analisis Pengaruh Variabel Kepemimpinan terhadap Kinerja Pegawai Koperasi Unit Desa (KUD) di Kabupaten Sorong”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Th. IX, No, 2, Surabaya.
  4. Armanu Thoyib, 2005, ”Hubungan Kepemimpinan, Budaya, Strategi, dan Kinerja : Pendekatan Konsep,” Jurnal Manajemen & Kewirausahaan, Vol. 7, No. 1, Maret 2005, h. 60- 73..
  5. Bass, B.M dan Avolio, 1990, “The Implications of Transactional and Transformational”, Team and Organization Development, 4, p.231-273.
  6. Bass, B.M. dan Avolio, 1997, “Does The Transactional – Transformational Leadership Paradigm Transcend Organizational and National Boundaries?”, Journal American Psychologist, 52: 130-139.
  7. Bourantas, Dimitris and Papalexanderis, Nancy, 1993, ”Differences In Leadership Behavior And Influence Between Public And Private Organization In Greece,” The International Journal of Human Resources Management, 4:4 December.
  8. Burton, James P; Lee, Thomas W; Holtom, Brooks C, 2002, “The Influence of Motivation to Attend, Ability to Atend, and Organizational Commitment on Different Types of Absence Behaviours,” Journal of Managerial Issues, Summer, 2002, p:181-197.
  9. Chen, Li Yueh, 2004, “Examining The Effect Of Organization Culture And Leadership Behaviors On Organizational Commitment, Job Satisfaction, and Job Performance At Small And Middle-Sized Firma Of Taiwan,” Journal of American Academy of Business, Sep 2004, 5, 1/2, 432-438.
  10. Conger dan Jay A, Kanungo, 1987, “Toward a Behavioral Theory of Charismatic Leadership in Organizational Settings”, Academy of Management Review, Vol. 12, No. 4, p.637-647.
  11. Deluga, R.J, 1988, “Relationship of Transformational and Transactional Leadership With Employee Influencing Strategies”, Group and Organization Studies, 13, (4): 456-467.
  12. Griffin, Ricky W, 1980, “Relationships Among Individual, Task Design, and Leader Behavior Variables”, Academy of Management Journal, Vol. 23, No. 4, 665-683.
  13. Handoko, Hani, 2001, Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia, BPFE, Yogyakarta.
  14. Holdnack. et al, 1993, “An Examination of Leadership Stylle and its Relevance to Shift Work in an Organizational Setting”, Health Care Management Review, 18(3) : 21-30.
  15. Judge dan Bono, 2000, “Five-Factor Model of Personality and Transformational Leadership”, Journal of Applied Psychology, 85 (5): 751- 765.
  16. Kabul, Imam, 2005, “Kepemimpinan Partisipasif dalam Meningkatkan Prestasi Kerja Anggota Organisasi”, Jurnal Keuangan dan Perbankan, Th. IX, No 2, Surabaya.
  17. Kreitner, Robert; dan Kinicki, Angelo, 2005,”Perilaku Organisasi”, Buku 1, Edisi Kelima, Salemba Empat, Jakarta.
  18. Locke, E. A., 1997, Esensi Kepemimpinan (terjemahan), Mitra Utama, Jakarta.
  19. Lok dan Crawford, 2004, “The Effect of organizational culture and leadership style on job satisfaction and organizational commitment across-National Comparison”, The Journal of Management Development, Vol. 23, No. 4, 321-337.
  20. Luthans, Fred, 2006, “Perilaku Organisasi”, Edisi Sepuluh, Penerbit Andi, Yogyakarta
  21. Mangkunegara, Anwar Prabu, 2000, Manajemen Sumber Daya Manusia Perusahaan, PT. Remaja Rosdakarya, Bandung.
  22. MacKenzie, Scoot., Podsakoff, Philip., Ahearne, Michael, 1998, “Some Possible Antecedents and Consequences of In-Role and Extra-Role Salesperson Performance”, Journal of Marketing, Vol. 62, No. 3, p. 87.
  23. Marzuki, Sukarno, 2002, Analisis Pengaruh Perilaku Kepemimpinan terhadap
  24. Maryani, Dwi dan Supomo Bambang. (2001). Studi Empiris Pengaruh Kepuasan Kerja terhadap Kinerja Individual. Yogyakarta : Jurnal Bisnis dan Akuntansi Vol. 3,No. 1, April.
  25. Meyer , BM, Ravlin, E.C and Adkins, C.L. 1989. A Work value Approach to comparate culture : a field test of the value congruence process and its relationship to individual outcomes. Journal of applied psychology. 7 (3).
  26. Morrison, Kimberly, 1997, “How Franchise Job Satisfaction and Personality Affects Performance, Organizational Commitment, Franchisor Relations, and Intention to Remain”, Journal of Small Business Management, Vol. 35, No. 3, p.39
  27. Mas’ud, Fuad, 2004, Survai Diagnosis Organisasional Konsep dan Aplikasi, Badan Penerbit,BP-UNDIP, Semarang.
  28. Mamduh, H., 1997, Manajemen, UPP AMP YKPN, Yogyakarta
  29. McNeese-Smith, Dona, 1996, “Increasing Employee Productivity, Job Satisfaction, and Organizational Commitment”, Hospital and Health Services Administration, Vol.41, No.2, pp.160-175.
  30. Menon, Maria E, 2002, “Perceptions of Pre-Service and In-Service Teachers Regarding the Effectiveness of Elementary School Leadership in Cyprus”, The International Journal of Educational Management, 16 February, p.91-97.
  31. Morrow, et al, 1988, “Work Commitment Among Department of Transportation Employees, Professional Notes”, Review of Public Personnel Administration, 8, No.3, pp.96-104.
  32. Ostroff, C., 1992, “The Relationship Between Satisfaction Attitudes and Performance an Organization Level Analysis”, Journal of Applied Psychology. Vol.77. No. 68. p. 933-974.
  33. Ogbonna, Emmanuel and Harris, Lloyd C, 2000, ”Leadership Style, Organizational Culture and Performance: Empirical Evidence From UK Companies,” International Journal of Human Resource Management 11:4 August, h. 766-788.
  34. Panggabean, Mutiara S, 2001, ”Perbedaan Komitmen Organisasional Berdasarkan Karakteristik Individu”, Media Riset Bisnis dan Manajemen, Vol 1, No 2, 2001. Yogyakarta.
  35. Perryer, Chris and Jordan, Catherine, 2005, ”The Influence of Leader Behaviors on Organizational Commitment: A Study In The Australian Public Sector,” International Journal of Public Administration, 28:379-396.
  36. Petty. Mcgee, Gail. Cavender, Jerry, 1984, “A Meta-Analysis of the Relationships Between Individual Job Satisfaction and Individual Performance”, Academy of Management, Vol. 9, No. 4, p. 712.
  37. Quey dan Yeh, 1996, “The Link Between Managerial Style and the Job Characteristics of R&D Professional”, R & D Management, 26(1) : 127-140.
  38. Robbins, Stephen P, 2006, Perilaku Organisasi, Edisi kesepuluh, PT Indeks Jakarta.
  39. Scarnati, James T, 2002, “Leader as Role Models: 12 Rules”, Career Development International, 7 Maret, p.181-189.
  40. Siagian, S.P., 1999, Tehnik Menumbuhkan dan Memelihara Perilaku Organisasional, Haji Mas Agung, Jakarta.
  41. Sovyia Desianty, 2005, “Pengaruh Gaya Kepemimpinan Terhadap Komitmen Organisasi Pada PT Pos Indonesia (PERSERO) Semarang”. Jurnal Studi Manajemen & Organisasi. Vol 2. No. 1, Januari, h. 69-84.
  42. Stoner, James A.F; Freeman, R. Edward; Gilbert JR, Daniel. R, 1996, Manajemen, Jilid I, PT Bhuana Ilmu Populer.
  43. ____________, 1996, “Manajemen”, Jilid II, PT Bhuana Ilmu Populer.
  44. Su’ud, Muh, 2000, “Persepsi Sosial Tentang Kredibilitas Pemimpin”, Sinergi Kajian Bisnis dan Manajemen, Vol.3, No.1. Hal 51-65.
  45. Suhana, 2007, “Relationship Analysis of Leadership Style, HRM Practices, Organizational Culture, Commitment and Performance (Study in People Crediting Bank (BPR) in Central Java),” Usahawan No. 10, TH XXXVI, Oktober 2007, h. 47- 53.
  46. Sulaiman, Abubakar M.T, 2002 ”Is It Really A Mediating Construct? The Mediating Role Of Organizational Commitment In Work Climate- Performance Relationship,” Journal of Management Development, Vol.21, No. 3, Maret 2002, h. 170-183.
  47. Sugiyono, (1999), Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.
  48. Syafar, Abdul Wahid, 2000. Dimensi Budaya Kerja dan Implikasinya Terhadap Gaya Kepemimpinan Kasus Indonesia, Jurnal Siasat Bisnis no. 4, vol 2.
  49. Tadjudin, 1997/1995, “Menciptakan SDM Bermutu”, Usahawan, No.1, tahun XXVI, Januari
  50. Thoha, M., 2001, Kepemimpinan dalam Manajemen, Suatu Pendekatan Perilaku, Rajawali Press, Jakarta.
  51. Trisnaningsih, Sri, 2004, ”Motivasi Sebagai “Moderating Variable” Dalam Hubungan antara Komitmen dengan Kepuasan Kerja”, Jurnal Maksi, Vol 4 Januari 2004, Semarang.
  52. Umar, Husein, 1999, Riset Manajemen Sumber Daya Manusia, Jakarta, PT. Gramedia Pustaka Utama.
  53. Uchjana Effendy, 1981, Kepemimpinan dan Komunikasi, Penerbit Alumni, Bandung.
  54. Walumbma, et, al, 2005, “Transformational Leadership, Organizational Commitment, and Job Satisfaction: A Comparative Study of Kenyan and U.S. Financial Firms”, Human Resources Development Quarterly, Vol 16, No. 2, p.235-256.
  55. Yukl, Gary A, 1989, “Managerial Leadership: A Review of Theory and Research”, Journal of Management, Vol 15, No.2, 251-289.
Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

ARTIKEL TERKAIT