Ads 468x60px

.

Wednesday, 2 December 2009

PENGERTIAN PERILAKU KONSUMEN DAN MODEL PERILAKU KONSUMEN


        Perilaku konsumen yang tidak dapat di kendalikan secara langsung oleh perusahaan perlu di cari informasinya semaksimal mungkin. Perilaku konsumen memiliki kepentingan khusus bagi orang karena berbagai alasan, berhasrat mempengaruhi atau merubah perilaku itu, termasuk mereka yang berkepentingan utamanya adalah pemasaran, pendidikan dan perlindungan serta kebijakan umum.
Perilaku konsumen sangat menentukan dalam proses pengambilan keputusan membeli yang tahapnya di mulai dari pengenalan masalah berupa desakan yang membangkitkan tindakan untuk memenuhi dan memuaskan kebutuhannya.
Menurut Lamb, Hair, dan McDaniel (2001:188) Perilaku konsumen merupakan “Proses seorang pelanggan dalam membuat keputusan membeli, juga untuk menggunakan dan membuang barang-barang dan jasa-jasa yang di beli, juga termasuk faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian dan penggunaan produk”.
Menurut Husein Umar (2003:64) perilaku konsumen adalah :”Suatu tindakan yang langsung dalam mendapatkan, mengkonsumsi serta menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului dan penyusuli tindakan tersebut”.
Memahami bagaimana seorang konsumen dalam membuat keputusan pembelian akan membantu seorang manajer pemasaran dalam banyak hal.

Model Perilaku Konsumen
        Titik tolak untuk memahami perilaku pembeli adalah model rangsangan-tanggapan pemasaran dengan pembeli.
Rangsangan pemasaran
Rangsangan
Lain
Ciri-ciri
Pembeli
Proses Keputusan Pembeli
Keputusan Pembelian
-    Produk
-    Harga
-    Saluran pemasaran
-    Promosi

-   Ekonomi
-   Teknologi
-   Politik
-   Budaya

Budaya
Sosial
Pribadi
Pribadi
Pemahaman masalah
Pencarian informasi
Pemilihan alternatif
Keputusan pembelian
Perilaku pasca pembelian
Pemilihan produk
Pemilihan merk
Pemilihan saluran pembelian
Penentuan waktu pembelian
Jumlah pembelian
Gambar : Model Perilaku Konsumen (Philip Kotler, 2002)

Sikap dan perilaku konsumen juga merupakan bagian dari konsep perilaku konsumen yang lain. Untuk mengukur sikap dan perilaku konsumen dapat dengan Model Multi atribut. Salah satu model sikap yang terkenal adalah model sikap multiatribut dari Fishbein. Model sikap Fishbein ini berfokus pada prediksi sikap yang di bentuk seseorang terhadap objek tertentu.Model ini mengidentifikasi tiga faktor utama untuk memprediksi sikap, meliputi:
Pertama  :  Keyakinan seseorang terhadap atribut yang menonjol dari objek
Kedua    : Kekuatan keyakinan seseorang bahwa atribut memiliki atribut khas, biasanya di ketahui dalam bentuk pertanyaan.
Ketiga    :  Evaluasi dari masing-masing keyakinan akan atribut yang menonjol, dimana di ukur seberapa baik atau tidak baik keyakinan mereka terhadap atribut-atribut tersebut.

RUJUKAN
  1. Jr Charles W. Lamb, Jr Joseph, F. Hair, McDaniel Carl. 2001. Pemasaran. Edisi I (terjemahan), Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
  2. Kotler, Philip. 2002. Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice Hall, Inc. 
  3. Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

ARTIKEL TERKAIT