Perilaku konsumen yang tidak dapat di kendalikan secara langsung oleh
perusahaan perlu di cari informasinya semaksimal mungkin. Perilaku konsumen
memiliki kepentingan khusus bagi orang karena berbagai alasan, berhasrat
mempengaruhi atau merubah perilaku itu, termasuk mereka yang berkepentingan
utamanya adalah pemasaran, pendidikan dan perlindungan serta kebijakan umum.
Perilaku konsumen sangat menentukan dalam proses
pengambilan keputusan membeli yang tahapnya di mulai dari pengenalan masalah
berupa desakan yang membangkitkan tindakan untuk memenuhi dan memuaskan
kebutuhannya.
Menurut Lamb, Hair, dan McDaniel (2001:188) Perilaku konsumen merupakan “Proses seorang pelanggan dalam
membuat keputusan membeli, juga untuk menggunakan dan membuang barang-barang
dan jasa-jasa yang di beli, juga termasuk faktor yang mempengaruhi keputusan
pembelian dan penggunaan produk”.
Menurut Husein Umar (2003:64) perilaku
konsumen adalah :”Suatu tindakan yang langsung dalam mendapatkan, mengkonsumsi
serta menghabiskan produk dan jasa, termasuk proses keputusan yang mendahului
dan penyusuli tindakan tersebut”.
Memahami bagaimana seorang konsumen dalam membuat keputusan
pembelian akan membantu seorang manajer pemasaran dalam banyak hal.
Model Perilaku Konsumen
Titik tolak untuk memahami perilaku pembeli adalah model
rangsangan-tanggapan pemasaran dengan pembeli.
Rangsangan pemasaran
|
Rangsangan
Lain
|
Ciri-ciri
Pembeli
|
Proses Keputusan Pembeli
|
Keputusan Pembelian
|
-
Produk
-
Harga
-
Saluran pemasaran
-
Promosi
|
-
Ekonomi
-
Teknologi
-
Politik
-
Budaya
|
Budaya
Sosial
Pribadi
Pribadi
|
Pemahaman
masalah
Pencarian
informasi
Pemilihan
alternatif
Keputusan
pembelian
Perilaku pasca
pembelian
|
Pemilihan produk
Pemilihan merk
Pemilihan
saluran pembelian
Penentuan waktu
pembelian
Jumlah pembelian
|
Gambar : Model
Perilaku Konsumen (Philip Kotler, 2002)
Sikap dan perilaku konsumen juga merupakan bagian dari
konsep perilaku konsumen yang lain. Untuk mengukur sikap dan perilaku konsumen
dapat dengan Model Multi atribut. Salah satu model sikap yang terkenal adalah
model sikap multiatribut dari Fishbein. Model sikap Fishbein ini berfokus pada
prediksi sikap yang di bentuk seseorang terhadap objek tertentu.Model ini
mengidentifikasi tiga faktor utama untuk memprediksi sikap, meliputi:
Pertama : Keyakinan
seseorang terhadap atribut yang menonjol dari objek
Kedua : Kekuatan
keyakinan seseorang bahwa atribut memiliki atribut khas, biasanya di ketahui
dalam bentuk pertanyaan.
Ketiga : Evaluasi
dari masing-masing keyakinan akan atribut yang menonjol, dimana di ukur
seberapa baik atau tidak baik keyakinan mereka terhadap atribut-atribut
tersebut.
RUJUKAN
- Jr Charles W. Lamb, Jr Joseph, F. Hair, McDaniel Carl. 2001. Pemasaran. Edisi I (terjemahan), Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
- Kotler, Philip. 2002. Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice Hall, Inc.
- Umar, Husein. 2000. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.