Defenisi
Pemasaran menurut Philip Kotler (2002:9) adalah: ”Pemasaran merupakan suatu
proses sosial yang di dalamnya individu dan kelompok mendapatkan apa yang
mereka butuhkan dan inginkan dengan menciptakan, menawarkan dan secara bebas
mempertukarkan produk yang bernilai dengan pihak lain.
Pemasaran
sering di gambarkan sebagai seni menjual produk akan tetapi orang heran ketika
mendengar bahwa bagian yang paling penting dalam pemasaran bukan penjualan.
Penjualan hanya merupakan puncak kecil gunung Es pemasaran.
Menurut
Philip Kotler (2002:9) bahwa, salah satu tujuan pemasaran adalah
untuk mengetahui dan memahami pelanggan sedemikian rupa sehingga produk atau
jasa cocok dengan pelanggan dan selanjutnya menjual dirinya sendiri. Pemasaran
hendaknya menghasilkan seorang pelanggan yang siap untuk membeli.
Menurut American
Marketing Association yang di kutip dari buku Pemasaran oleh Lamb,
Hair dan McDaniel (2001:6) terjemahan dari David Ocrarevia, “Marketing is the process of planning and executing the conception,
pricing, promotion, and distribution of ideas, goods, and service to create
exchanges that satisfy individual and organization goals”.
Menurut Asosiasi Pemasaran Amerika,
yang dikutip dari buku Philip Kotler (2002:9), Pemasaran adalah: ”Proses
perencanaan dan pelaksanaan pemikiran, penetapan harga, promosi serta
penyaluran gagasan, barang dan jasa untuk menciptakan pertukaran yang memenuhi
sasaran-sasaran individu dan organisasi.
Manajemen
pemasaran terjadi bila sekurang-kurangnya satu pihak pelaku pertukaran
potensial berpikir tentang sarana-sarana untuk melaksanakan tanggapan yang
diinginkan oleh pihak pertama itu dari pihak lain.
Henry
Simamora (2000:4) menyatakan bahwa Pemasaran Internasional (International
Marketing) paling baik di jelaskan terlebih dahulu meninjau secara ringkas
pemasaran dalam konteks Domestik.
Dalam
konteks Domestik, menurut Henry Simamora (2000:4), Pemasaran merupakan:
“Proses manajerial dan sosial dimana individu-individu dan kelompok-kelompok
memperoleh apa yang mereka butuhkan dan inginkan melalui penciptaan, penawaran
dan pertukaran produk-produk yang bernilai dengan orang dan atau kelompok lain.
Suatu
perusahaan mesti memantau aktivitas-aktivitas pamasaran pesaing domestik dan
internasionalnya dan menyusun berbagai strategi pemasaran jangka panjang dan
respon-respon kompetitif yang tepat. Dengan demikian manajemen pemasaran
merupakan perencanaan dan pengkoordinasian semua aktivitas tersebut untuk
mencapai sebuah program pemasaran yang berintegrasi secara berhasil.
Konsep Pemasaran
Saat ini
pandangan terhadap pemasaran telah mengalami perubahan dari sebelumnya. Pada mulanya
pemasaran di pandang tidak jauh dari penjualan. Dengan timbulnya kesadaran
untuk meningkatkan efisiensi, maka berangsur-angsur orang menyadari memuaskan
kebutuhan pelanggan sangat penting untuk meraih kesuksesan.
Dalam
pandangan Stanton (1995) dalam buku “Riset pemasaran dan perilaku konsumen”,
Husein Umar (2003:31), Stanton menyatakan bahwa “Pemasaran meliputi keseluruhan
sistem yang berhubungan dengan kegiatan-kegiatan usaha, yang bertujuan
merencanakan, menentukan harga hingga mempromosikan dan mendistribusikan barang
dan jasa yang akan memuaskan kebutuhan pembeli, baik yang aktual maupun yang
potensial.
Jangkauan
pemasaran sangat luas, berbagai tahap kegiatan harus dilalui oleh barang dan
jasa sebelum sampai ke tangan konsumen, sehingga ruang lingkup kegiatan yang
luas itu di sederhanakan menjadi 4 (empat) kebijakan pemasaran yang lazim di
sebut dengan bauran pemasaran (Marketing Mix) atau 4P dalam pemasaran yang
terdiri dari:
1. Produk (Product)
Pengertian
produk bagi konsumen selain merupakan benda yang mempunyai manfaat dan kegunaan
juga merupakan suatu yang dapat ditawarkan kepasar untuk mendapatkan perhatian
untuk di beli, digunakan atau di konsumsi yang dapat memenuhi suatu kegiatan
atau kebutuhan.
Pengembangan
sebuah produk menghasilkan perusahaan menetapkan manfaat-manfaat apa yang akan
di berikan produk itu.. Manfaat ini dikomunikasikan dan hendaknya di penuhi
oleh atribut produk.
2. Harga (Price)
Harga adalah
faktor utama yang harus di tentukan sebelum suatu produk di luncurkan ke pasar
sasaran. Harga produk juga salah satu faktor penentu bagi permintaan pasar yang
secara otomatis akan mempengaruhi volume penjualan. Jika harga produk tidak
dapat di jangkau konsumen, maka target penjualan yang telah di tetapkan tidak
tercapai.
Harga
menurut Husein Umar (2003:71) adalah sejumlah nilai yang di tukarkan konsumen
dengan manfaat dari memiliki atau menggunakan produk atau jasa yang nilainya
ditetapkan oleh pembeli dan penjual melalui tawar menawar atau di tetapkan oleh
penjual untuk satu harga yang sama terhadap semua pembeli.”
3. Distribusi (Place)
Sebagian
besar produsen menggunakan perantara pemasaran untuk memasarkan produk
khususnya barang dengan cara membangun suatu saluran distribusi yang meliputi
sekelompok organisasi yang saling tergantung dalam keterlibatan mereka pada
proses yang memungkinkan suatu produk atau jasa tersedia bagi penggunaan atau
konsumsi oleh konsumen atau pengguna industrial.
4. Promosi (Promotion)
Pemasaran
tidak hanya membicarakan mengenai produk, harga produk dan mendistribusikan
produk, tetapi juga mengkomunikasikan produk ini kepada masyarakat agar produk
itu di kenal dan ujung-ujungnya di beli.
Menurut
Boyd, Wolker, dan Larreche (2000:65) terjemahan Imam Nurmawan menyatakan
strategi promosi merupakan “Sebuah program terkendali dan terpadu dari metode
komunikasi dan material yang di rancang untuk menghadirkan perusahaan dan
produk-produknya kepada calon konsumen, menyampaikan ciri-ciri produk yang
memuaskan kebutuhan untuk mendorong penjualan yang pada akhirnya memberikan
kontribusi pada kinerja laba jangka panjang.
RUJUKAN
- Boyd W, Walker Orville, C Larreche, Claude Jean. 2000. Managemen Pemasaran: Suatu Pendekatan Strategis dengan Orientasi Global, Penerbit Erlangga, Jakarta.
- Jr Charles W. Lamb, Jr Joseph, F. Hair, McDaniel Carl. 2001. Pemasaran. Edisi I (terjemahan), Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
- Kotler, Philip. 2002. Marketing Management, The Millenium Edition, Prentice Hall, Inc.
- R.V Foster, Timothy. 1999. 101 Cara Meningkatkan Kepuasan Pelanggan. Edisi I (Terjemahan), Penerbit PT. Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia, Jakarta.
- Simamora, Henry. 2000. Manajemen pemasaran Internasional, Penerbit Salemba Empat, Jakarta.
- Sugiyono. 2004. Statistik Nonparametris, Penerbit Alfabeta, Bandung.
- Swasta, Basu. 2000. Manajemen Pemasaran, Penerbit Liberty, Jakarta.
- Suryabrata, Sumadi. 2003. Metodologi Penelitian, Edisi Kelima belas, Penerbit Universitas Gajah Mada, Yogyakarta.
- Umar, Husein. 2003. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen, Penerbit PT. Gramedia Pustaka Utama, Jakarta.